Departemen Patologi

Nekropsi

Everything is Pathology, Except for Indifference

-Emil Cloran-

Departemen Patologi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga Surabaya terletak di bagian kiri sepanjang koridor lantai 1. Departemen ini dilengkapi dengan sarana seperti : Ruang Dosen, Ruang Komputer, Laboratorium Histopatologi, Laboratorium Besar untuk pengamatan mikroskopis dan Ruang Nekrospi. Aktivitas di Departemen ini pun terbilang cukup banyak, mulai dari Praktikum Patologi Umum Veteriner, Praktikum Patologi Sistemik Veteriner, Praktikum Nekropsi, Pengamatan Penelitian, Bimbingan belajar (Tutorial), Pembuatan preparat  dan kegiatan Koasistensi.

Praktikum Patologi Umum dan Patologi Sistemik Veteriner merupakan aktivitas wajib untuk mendukung Mata Kuliah Patologi Umum (Semester 4) dan dan Mata Kuliah Patologi Sitemik (Semester 5). Apa saja bentuk kegiatannya ?

  1. Praktikum Patologi Umum serta Patologi Sistemik ini dikemas dalam bentuk praktikum yang komunikatif dan menyenangkan. Praktikum ini terdiri dari penjelasan materi pengantar praktikum oleh Dosen selama 10 - 15 menit, dan dilanjutkan dengan pengamatan mikroskopis selama 15 - 20 menit sesuai dengan topik saat itu. Praktikum ini diikuti oleh mahasiswa strata 1 Pendidikan Dokter Hewan yang berjumlah 300 orang dan terbagi menjadi kelompok - kelompok kecil yang dibimbing oleh seorang Asisten Dosen.
  2. Praktikum Nekropsi yaitu praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5 bertujuan untuk memantapkan pengetahuan tentang Patologi Veteriner dan sekaligus mengasah skill untuk mengenali lesi makroskopis yang muncul pada suatu individu (hewan). Objek nekropsi terdiri dari unggas dan rodensia yang dilakukan secara bergantian dengan dibimbing oleh Dosen dan asisten Dosen.

Bimbingan Belajar (Tutorial) merupakan aktivitas yang dilakukan diluar jam kuliah dan praktikum untuk mendukung pemahaman mendalam terkait materi Patologi Veteriner. Aktivitas ini bisa dilakukan di dalam Lab. Patologi ataupun diluar dengan dibimbing oleh seorang Asisten Dosen. Perlu diketahui bahwa Asisten Dosen Patologi ini telah melalui tahap seleksi yang panjang dan kompetitif sehingga mampu untuk memberikan bimbingan belajar (tutorial) kepada adik kelasnya.

Pengamatan Penelitian merupakan aktivitas yang bisa dilakukan oleh mahasiswa ataupun dosen di lingkungan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga ataupun pihak luar. Tentunya pengeamatan penilitia yang dilakukan masih dalam koridor Patologi Veteriner dengan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti Mikroskop, Optilab dan Mikroskop Fluoroscence yang dilengkapi oleh NIS (Nikon Imaging System). 

Pembuatan Preparat Histopatologi merupaakan aktivitas laboratorium yang dilakukan oleh staff laboratorium untuk membantu pembuatan sampel yang mengalami perubahan (lesi) agar bisa diamati dibawah mikroskop. Departemen Patologi FKH UNAIR melayani pembuatan preparat histopatologi dengan pewarnaan HE (Haematoxyilin Eosin), IHC (Immunohistochemistry) dan yang lainnya.

Koasistensi atau dikenal dengan PPDH (Program Profesi Dokter Hewan) merupakan aktivitas akademik yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 yang melanjutkan studinya untuk menjadi seorang Dokter Hewan (Veterinarian). Koasistensi di departemen ini berlangsung selama 3 minggu dengan kredit 3 SKS. Minggu I diisi dengan kegiatan nekropsi sampel yang didapatkan dari lapangan, baik itu unggas, mammalia dan karnivora dengan di bimbing oleh Dosen. Minggu II diisi dengan aktivitas perkuliahan dan Presentasi Kasus  dari Dosen - Dosen Patologi dan Minggu ke III diisi dengan ujian. Ujian Koasistensi terdiri dari :

  1. Ujian Teori I
  2. Ujian Mikroskopis dan Makroskopis
  3. Ujian Teori II
  4. UJian Lisan

 

 

Hits 356

Terpopuler